Jumat, 08 Maret 2013

MANAJEMEN KEUANGAN PERTEMUAN 1

Manajemen keuangan adalah aktivitas pemilik dan manajer untuk memperoleh sumber modal yang  murah dan menggunakannya seefektif, seefisien dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.
Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Meskipun tugas dan tanggung jawabnya berlainan disetiap perusahaan, meliputi : keputusan investasi , pembayaran kegiatan dan pembagian dividen.

Manajemen keuangan adalah manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan . fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of found)

Manajeman keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki perusahaan.

Manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi

Jadi perusahaan setiap saat dapat dipandang sebagai kumpulan dana dari berbagi sumber dana. Pemegang saham dan investor menanamkan dananya dalam bentuk penyertaan modal, kreditur menanamkan dananya sebagai pinjaman.

Laba merupakan keuntungan yang diberikan kepada pemilik perusahaan,
Deviden adalah merupakan laba yang diberikan kepada  investor perusahaan

Aksioma Manajemen keuangan :
1.    Keseimbangan risk and return
2.    Time value of meney
3.    Cash on hand
4.    Incremental cash flow
5.    Kondisi persaingan pasar
6.    Pasar modal yang efisien
7.    Agency problem
8.    Tax
9.    Tidak semua resiko sama
10.    Melakukan sesuatu yang tidak benar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar